Home » , , » Desain Tangga Untuk Rumah Minimalis 2 lantai

Desain Tangga Untuk Rumah Minimalis 2 lantai

Desain Tangga Untuk Rumah Minimalis | Tangga yang merupakan kebutuhan mutlak dari bangunan rumah 2 lantai atau lebih sebagai sarana penghubung antara lantai 1 dan lantai 2.

Penggunaan tangga sendiri disesuikan tipe rumah, misalnya untuk rumah minimalis 2 lantai tangga yang dibutuhkan desainnya juga harus minimalis. Konsep desain tangga pada rumah minimalis modern pilihannya cukup beragam terutama bahan-bahan yang digunakan seperti keramik, kayu, besi, dan sejenisnya. Semua tergantung dari selera masing-masing.
 

Sesuai Konsep dan Kebutuhan

Bahan-bahan untuk membangun tangga rumah minimalis tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan rumah itu sendiri, sebab setiap bahan material yang digunakan masing-masing memiliki kekurangan atau kelebihan.

Untuk tipe rumah minimalis kebanyakan menggunakan tangga yang terbuat dari semen dilapisi keramik, kayu, dan besi. Untuk jenis tangga dari semen berlapis keramik umumnya banyak makan tempat, namun keuntungannya jenis tangga ini lebih mudah perawatannya dan cenderung lebih awet. Tangga model seperti ini lebih cocok untuk rumah minimalis kategori modern.

Desain Tangga Sesuai Kebutuhan

Selain itu ada juga tangga terbuat dari besi yang dipasang melingkar. Jenis tangga seperti ini lebih banyak digunakan oleh mereka yang memiliki rumah tipe 21 dan 36 karena lebih cocok untuk rumah yang cukup sempit. Desain tangga minimalis dari besi umumnya sederhana dan tidak banyak makan tempat. Kelemahan paling mencolok dari tangga besi adalah bahannya tidak tahan air sehingga mudah berkarat dan keropos. Ada juga orang yang lebih fanatik dengan tangga dari bahan kayu. Tangga dari kayu memang dapat memberi nuansa klasik dan terkesan lebih artistik.

Tipe rumah minimalis memang cenderung memprioritaskan unsur fungsional dimana setiap space yang ada harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Namun rumah minimalis sendiri masih dibedakan menurut beberapa kelompok yaitu rumah minimalis sederhana, klasik, modern, dan mewah. Jadi untuk pemilihan tangga harus disesuaikan dengan konsep rumah minimalis itu sendiri. Untuk lebih menekankan konsep rumah minimalis, perlu adanya pemahaman mengenai jenis tangga menurut fungsinya, seperti berikut ini:

Tangga Melingkar

Desain Unik Tangga Melingkar

Jenis tangga melingkar untuk rumah minimalis desainnya melingkar seperti spiral. Jenis tangga ini bisa dibuat dari semen atau bisa juga dari besi. Biasanya tangga melingkar tidak dibangun di ruang utama (ruang tamu), tapi lebih sering digunakan untuk menghubungkan lantai dasar (basement) dengan lantai 1.
 

Tangga Zig Zag

Desain Sederhana Tangga Zig Zag

Tangga model zig zag umumnya paling banyak dijumpai pada rumah minimalis. Desain tangga ini biasanya memiliki 2X arah naik. Bahan-bahan yang digunakan untuk tangga zig zag sama seperti bahan tangga pada umumnya yaitu kayu, besi, atau semen berlapis keramik.
 

Tangga Tegak

Desain Unik Tangga Tegak

Desain tangga minimalis untuk tangga tegak tergolong paling sederhana karena hanya memiliki satu arah saja dengan model vertikal miring. Jenis tangga tegak lebih banyak digunakan untuk menghubungkan 2 lantai dengan jarak yang tidak terlalu tinggi. Bahan yang paling banyak digunakan untuk tangga ini biasanya kayu atau semen.
 
Demikian postingan dari kami mengenai ide mendesain tangga rumah minimalis 2 lantai yang dapat kami berikan. Semoga apa telah di sampaikan kepada anda dapat membantu untuk membangun sumber inspirasi pada rumah anda tercinta.


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisment

Populer Bulan Ini