Home » , , » Langkah - Langkah Pembuatan Pondasi

Langkah - Langkah Pembuatan Pondasi

Panduan Membuat Pondasi Rumah Ideal | Pondasi adalah bagian paling dasar sebuah bangunan rumah. Di dalam pembuatannya, jenis dan ukuran pondasi bermacam-macam disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan struktur bangunan yang akan dibuat. Sebagai contoh, pondasi untuk ruang dapur, air mancur, dan gedung akan berbeda-beda.
 
Berikut ini langkah-langkah pembuatan pondasi rumah secara umum :
 

Menentukan Jenis Pondasi yang Digunakan

Seperti yang sudah disinggung di atas, pembuatan pondasi harus mengacu pada kondisi lingkungan dan struktur bangunan. Ada 2 macam jenis pondasi rumah antara lain :
  • Pondasi dangkal : Pondasi dangkal dibangun di atas permukaan tanah dan permukaan keras. Ukuran kedalaman pondasi dangkal tidak lebih dari 1 meter. Jenis pondasi ini digunakan untuk proyek yang bersifat sederhana seperti pembangunan air mancur, patio, serta pengatur udara.
 
Gambar Pondasi Dangkal
  • Pondasi dalam : Pondasi dalam digunakan untuk proyek yang bersifat kompleks. Selain digunakan untuk proyek yang rumit, jenis pondasi ini juga dipakai ketika kondisi permukaan tanah kurang baik atau berada di kawasan perbukitan. Pondasi ini memiliki ukuran kedalaman lebih dari 1 meter. Contoh bangunan yang menggunakan pondasi ini adalah garasi dan gudang yang terpisah dari rumah utama.

Gambar Pondasi Dalam

Buat Lebar Pondasi Sekitar 50 cm

Setelah anda membuat kedalaman pondasi secara merata, maka selanjutnya adalah menyesuaikan lebarnya. Adapun lebar pondasi yang ideal adalah sekitar setengah meter. Ukuran seperti ini akan mempermudah anda dalam memasukkan bebatuan dan semen sebagai pembentuk pondasi.
 

Memasang Papan-papan di Pondasi

Adapun fungsi papan ini adalah sebagai penahan tanah di pondasi agar bentuknya sesuai dengan yang sudah dirancang. Susun papan-papan ini di kedua sisi secara kuat. Buat susunan papan ini berbentuk kotak-kotak yang agak panjang. Pastikan seluruh pondasi telah dibuat dengan benar mengingat akan sulit sekali untuk memperbaikinya setelah adonan semen dimasukkan ke dalamnya.
 

Membuat Adonan Semen

Ambil beberapa ember semen di sebuah adukan, tambahkan air sesuai petunjuk yang terlampir di kemasan semen. Aduk secara rata. Pastikan adukan semen sudah benar dengan memeriksa tingkat kekentalannya. Jangan sampai adonan terlalu kering.
 

Membangun Pondasi Rumah

Tuangkan semen ke dalam pondasi yang telah dibuat. Gunakan bantuan sekop untuk memperhalusnya. Jika anda ingin permukaan yang agak kasar, bisa menggunakan sapu lidi yang diketuk-ketukan di atasnya.
 

Pondasi Selesai Dibuat

Biarkan semen mengering dulu. Paling tidak hal ini akan memakan waktu sekitar 24 jam. Setelah itu, lepaskan papan-papan yang menopang di kedua sisinya. Selanjutnya, biarkan pondasi anda mengering secara normal. Maksudnya, ketika cuaca terlalu panas sebaiknya diberikan siraman air di tanah sekitarnya. Sementara itu, tutup pondasi dengan lembaran plastik apabila hujan. Air hujan dapat menyebabkan depresi pada pondasi dan menyebabkan permukaannya berlubang-lubang.




Contoh Pondasi Rumah Yang Sedang Dibuat


Demikianlah langkah - langkah pembuatan pondasi rumah. Semoga bermanfaat buat kalian semua


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisment

Populer Bulan Ini